Selasa, 13 April 2010

Pembelajaran Usia Dini dengan Pembiasaan.


Masa kecil adalah masa untuk bahagia masa tanpa dosa masa berkenalan dengan dunia dan segala isinya. Tidak hanya itu, masa ini juga penting untuk segala pembelajaran,saat kita menuliskan geratan geratan lukisan di kertas mau di bawa kemana lembaran cerita nantinya, pembiasaan bisa mulai dari mengenal kebiasaan keluarga, melihat kita orang tua sholat, membaca ayat ayat suci al Qur'an dan tutur kata kita para orang tua,. Masa perkenalan dan pembelajaran ini ia pelajari dengan banyak bermain, bertanya dan bereksplorasi.

Bermain adalah cara termudah untuk memperkenalkannya segala bentuk pembelajaran. Dan cara bermain sambil belajar yang menyenangkan bisa di mulai dengan cara bernyanyi. Anda dapat bernyanyi sambil menyebutkan alfabet saat Anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga. Jadi, sambil mendayung dua tiga pulau terlampaui.
Kuncinya adalah kreatif mengajar. Contohnya, Anda dapat mengajarkan anak mengenal huruf angka,warna dan bentuk saat ia sedang mandi. Pada saat tersebut Anda dapat membawa beberapa mainan. Biasanya mainan bayi itu terdiri dari beragam warna dan bentuk. Bermain bersama mereka sekaligus mengajarkan mereka tentang warna dan pola.
Setiap hal yang ada didekat Anda dan si kecil, dapat dijadikan sarana belajar si kecil. Bahkan angka-angka juga dapat diajarkan dengan mengunakan benda-benda di sekitar Anda. Contohnya, berapa jumlah kancing baju yang Anda pakai pada saat sedang berada di dekat anak.
Cara lain dengan mengakrabkan buku kepada anak sejak dini. Dengan cara ini, keinginannya untuk mengenal huruf, angka dan gambar akan besar. Tentunya, Anda pun harus mempunyai kebiasaan baca yang tinggi. Dengan demikian buku-buku bacaan Anda akan banyak dan tersebar di mana-mana.
Banyaknya buku yang tersebar dan dapat ditemukan anak di sekeliling rumah akan menambah minatnya mencintai buku. Dengan demikian semangatnya untuk belajar membaca, menulis dan mengambar juga besar. Anda tidak perlu repot untuk memotivasinya, karena motivasinya sudah tumbuh dan berkembang dengan sendirinya.
Selain membelikannya alat bermain yang mencerdaskan, Anda juga dapat menciptakan suasana rumah dengan cat warna-warni pelangi yang akan membatu perkembangan kecerdasan emosi dan daya tangkap anak. Tentunya dalam setiap pembelajaran perlu ada evaluasi. Anda dapat menanyakan kembali setiap informasi yang telah Anda ajarkan pada anak. Apakah ia mengerti atau belum. Bila ia berhasil mengulanginya dan menjawab, maka Anda dapat memberikan informasi baru lainnya.
Berhentilah bila ia sudah merasa lelah. Dan beralihlah pada permainan lainnya, atau beristirahatlah sejenak. Berhenti sejenak itu perlu untuk mengembalikan kembali kesegaran pikiran dan tubuh anak.

0 komentar:

Posting Komentar